Visitor

Thursday, December 20, 2012

SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN


“PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA
 
MAKALAH
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH
Pengantar Pendidikan
yang dibimbing oleh Bapak Drs. Tri Atmadji S., M.Pd. 



BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang

Posisi Indonesia dalam pemeringkatan pendidikan dunia berada di urutan 69. Bahkan, Indonesia kalah dibanding Malaysia.   Kondisi ini mencerminkan perkembangan pendidikan di Indonesia masih tertinggal bila dibandingkan dengan negara berkembang lainnya. Berdasarkan data UNESCO tahun 2011 yang berisi hasil pemantauan pendidikan dunia dari 127 negara, Education Development Index (EDI) Indonesia berada pada posisi ke-69, sementara Malaysia di peringkat ke-65 dan Brunei peringkat 34.
Kualitas pendidikan di Indonesia yang tergolong masih rendah tersebut  dikarenkan baynyak factor salah satunya yakni minimnya sarana dan prasarana pendidikan yang layak didapat bagi setiap warganya, padahal Salah faktor yang mendukung keberhasilan program pendidikan dalam proses pembelajaran yaitu Sarana dan Prasarana. Prasarana dan sarana pendidikan adalah salah satu sumber daya yang menjadi tolok ukur mutu sekolah dan perlu peningkatan terus menerus seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cukup canggih. Sarana prasarana sangat perlu dilaksanakan untuk menunjang keterampilan siswa agar siap bersaing terhadap pesatnya teknologi. Sarana prasarana merupakan bagian penting yang perlu disiapkan secara cermat dan berkesinambungan, sehingga dapat dijamin selalu terjadi Pembelajaran yang lancar. Dalam penyelengaraan pendidikan, sarana prasaran sangat di butuhkan untuk menghasilkan Pembelajaran yang efektif dan efisien.
Dalam kenyataannya beberapa dinas pendidikan kabupaten/kota belum mempunyai informasi yang akurat tentang sarana dan prasarana sekolah. Belum sesuai dengan syarat minimal standar nasional pendidikan. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pemahaman atas peraturan/perundangan yang berlaku dalam mengatur/mengelola aset milik negara/daerah. Kedua, kurangnya pengetahuan tentang bagaimana mengelola sarana-prasarana sekolah. Akibatnya adalah mutu sarana dan prasarana sekolah masih sangat bervariasi. Bahkan ada banyak sekolah yang keadaan gedungnya tidak aman buat penggunanya. Sering dijumpai bahwa lahan bukan milik sekolah atau dinas pendidikan. Akhirnya semuanya ini menjadi kendala bagi peningkatan mutu pembelajaran. Juga berdampak pada pemborosan anggaran yang tidak sedikit dan masalah distribusi anggaran yang tidak merata dan tidak sesuai dengan peruntukan.

B.   Rumusan Masalah

1.Apa itu sarana dan prasarana pendidikan?
2.Apa saja jenis-jenis sarana dan prasarana pendidikan?
3.Apa saja sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran?
4.Bagaimana standar sarana dan prasarana yang seharusnya?

C.Tujuan 
1.Untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Psikologi
2.Untuk mengetahui pengertian sarana dan prasarana
3.Untuk mengetahui jenis-jenis sarana dan prasarana pendidikan
4.Untuk mengetahui apa saja sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran
5.Untuk mengetahui bagaimana standar sarana dan prasarana yang seharusnya

D.Manfaat
1.Dapat mengetahui pengertian sarana dan prasarana
2.Dapat mengetahui jenis-jenis sarana dan prasarana pendidikan
3.Dapat mengetahui apa saja sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran
4.Dapat mengetahui bagaimana standar sarana dan prasarana yang seharusnya




BAB II


PEMBAHASAN

[LENGKAP] via Ziddu          : DOWNLOAD
[LENGKAP] via Mediafire   : DOWNLOAD

0 komentar

Post a Comment