Visitor

Sunday, December 15, 2013

Dasar Belajar JAVA (Class, Objek, Attribute, Overloading)

a.       Class
          Class adalah wahah yang berisi absraksi (permodelan) dari suatu fungsi obkek (benda), yang mendeskripsikan data (sifat karakter) dan fungsi yang dimiliki oleh objek tersebut. Karena kelas merupakan wadah yang akan digunakan dahulu sebelum membuat objek.
Dalam pendefinisian class, umumnya dituliskan sebagai berikut :
<modifier> class <name> {
    <attributeDeclaration>*
    <constructorDeclaration>*
    <methodDeclaration>*

b.      Objek
          Object adalah sekumpulan software yang terdiri dari variable dan method-method terkait. Object salaing berinteraksi dengan saling memanggil metode dari satu object ke object lainnya, disebut message. Dengan kata lain, object merupakan instance sebenarnya dari sebuah class. Instance dibuat sewaktu kita melakukan inisialisasi class dengan menggunakan kata kunci new.
Dalam bahasa pemrograman Java, object dapat ditulis dengan sintaks sebagai berikut :
nama_class nama_instance = new nama_class();

c.       Attribute
          Dalam pendeklarasian atribut, dapat dituliskan :
<modifier> <type> <nama> [ = <default_value>];

d.      Scoope Variable
          Variable Scoope )cakupan variable) menentukan seberapa luas variable dapat diakses. Ruangan lingkup atau suatu variable merupakan penetapan lokasi dimana variable tersebut dideklarasikan dan dapat berlaku. Lingkup variable terbagi dua, yaitu lingkup Global dan Local.

e.       Overloading Methods
          Dalam lass yang kita buat, kadangkala kita menginginkan untuk membuat method dengan nama yang sama, namun mempunyai fungsi yang berbeda menurut parameter yang digunakan. Kemampuan ini dimungkinkan dalam pemrograman Java, dan dikenal sebagai overloading method

f.       Input / Output
Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan input :
1.      Tambahkan di bagian paling atas code anda :
    Import java.io. *;
2.      Tambahkan statemen berikut pada method main :
BufferReader dataIn = new BufferedReader (new
InputStreamReader(System.in));
3.      Deklarasikan variable String temporary dan gunakan fungsi readLine() untuk mendapatkan input serta ketikkan pada blog try-catch.
    try{
     String temp = dataIn.readLine();
  } catch (IOException e) {
     System.out.println (“Terjadi kesalahan saat anda melakukan input “)
  }
Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan input dari console dengan Scanner :
a)      Menambahkan
Inport java.util.Scanner;
b)      Membuat objek dari class Scanner
Scanner input = new Scanner (System.in);
c)      Memasukkan nilai dari masing-masing variable dengan menggunakan objek dari Scanner
System.out.print(“Memasukkan nama : “);
String nama = input.nextLine();

System.out.println (nama);

0 komentar

Post a Comment