Visitor

Monday, December 16, 2013

Evolusi dan Kinerja Komputer (Wiliam Stalling)


Download Versi Lengkap di  --> [DOWNLOAD] via 4shared.com


perancangan untuk kinerja

Tahun demi tahun, biaya sistem komputer terus turun drastis, sementara kinerja dan kapasitas sistem tersebut terus meningkat secara dramatis. di gudang lokal, Anda dapat mengambil komputer pribadi untuk kurang dari $ 1000 yang kemasan pukulan dari mainframe IBM dari 10 tahun yang lalu. Dengan demikian, kita memiliki hampir "Bebas" daya komputer. Dan revolusi teknologi terus berkembangan secara kompleksitas. Sebagai contoh, aplikasi desktop yang membutuhkan kekuatan besar, mikroprosesor berbasis sistem :
• Pengolahan citra gambar
• Speech recognition
• Videoconferencing
• Multimedia authoring
• suara dan video penjelasan dari file
• Pemodelan Simulasi
Sistem Workstation sekarang mendukung rekayasa yang sangat canggih dan ilmiah. Aplikasi, serta sistem simulasi , dan memiliki kemampuan untuk mendukung gambar dan aplikasi video. Selain itu, bisnis yang bergantung pada server yang semakin kuat untuk menangani transaksi dan pemrosesan database dan untuk mendukung jaringan client / server yang telah menggantikan komputer mainframe besar pusat tadi.
Apa yang menarik tentang semua ini dari perspektif organisasi komputer dan arsitektur bahwa ,di satu sisi , blok bangunan dasar untuk saat ini kemajuan komputer yang hampir sama dengan yang dari komputer IAS dari lebih 50 tahun yang lalu , sementara di sisi lain, Teknik kinerja dari materi di tangan telah menjadi semakin canggih. Pengamatan ini berfungsi sebagai pedoman untuk presentasi dalam buku ini.
Seperti yang kita ketahui melalui berbagai elemen dan komponen dari sebuah komputer, ada dua tujuan yang dikejar. Pertama, buku ini menjelaskan fungsi mendasar dalam setiap daerah di bawah pertimbangan dan kedua, buku ini mengeksplorasi teknik-teknik yang diperlukan untuk mencapai performa yang maksimal. Dalam bagian ini, kami menyoroti beberapa faktor pendorong kebutuhan untuk merancang kinerja.
Kecepatan mikroprosesor
Apa yang memberi prosesor Intel x86 atau komputer mainframe IBM seperti daya tanpa henti mengejar kecepatan oleh produsen chip prosesor. evolusi mesin ini terus saja menjadi banyak diantara hukum yang ada, disebutkan sebelumnya. jadi Selama undang-undang ini berlaku, produsen chip dapat melepaskan generasi baru dari chip setiap tiga tahun, dengan empat kali lebih banyak transistor. Dalam chip memori ini telah ada empat kali lipat kapasitas dynamic random access memory ( DRAM ), masih merupakan teknologi dasar untuk memori utama komputer, setiap tiga tahun. Dalam mikroprosesor, penambahan sirkuit baru, dan meningkatkan kecepatan yang berasal dari pengurangan jarak antara mereka, telah meningkatkan kinerja empat - lima kali lipat atau setiap tiga tahun atau lebih sejak Intel meluncurkan keluarga x86 pada tahun 1978 .
Namun kecepatan baku mikroprosesor tidak akan mencapai potensinya kecuali
diumpankan aliran konstan pekerjaan yang harus dilakukan dalam bentuk instruksi komputer. apa-apa yang mendapat di jalan itu kelancaran mendapatkan kekuatan prosesor. Oleh karena itu, sementara produsen chip telah sibuk belajar bagaimana mengarang chip kepadatan yang lebih besar dan lebih besar, para desainer prosesor harus datang dengan teknik yang lebih. Diantara teknik ini dibangun ke prosesor kontemporer adalah sebagai berikut :
• prediksi Cabang : Prosesor tampak depan dalam kode instruksi diambil dari memori dan memprediksi mana cabang, atau kelompok instruksi, cenderung untuk diproses selanjutnya. Jika menebak prosesor yang tepat sebagian besar waktu, dapat prefetch instruksi yang tepat dan penyangga mereka sehingga prosesor disimpan. Contoh-contoh yang lebih canggih dari strategi ini bukan hanya memprediksi cabang namun beberapa cabang depan . Dengan demikian, prediksi cabang meningkatkan jumlah pekerjaan yang tersedia untuk prosesor untuk mengeksekusi.
• Analisis Data flow : Prosesor menganalisa mana instruksi tergantung hasil masing-masing, atau data, membuat jadwal dioptimalkan instruksi. Bahkan, instruksi dijadwalkan untuk dieksekusi ketika siap urutan program asli. Hal ini untuk mencegah penundaan yang tidak perlu .
• Eksekusi Spekulatif : Menggunakan prediksi cabang dan analisis aliran data, beberapa prosesor mengeksekusi instruksi spekulatif menjelang penampilan mereka yang sebenarnya dalam pelaksanaan program, memegang hasil di lokasi sementara. Hal ini memungkinkan prosesor untuk menjaga mesin pelaksanaannya sesibuk mungkin dengan mengeksekusi Instruksi yang mungkin diperlukan. Ini dan teknik canggih lainnya yang dibuat perlu oleh kekuatan semata-mata prosesor. Mereka memungkinkan untuk mengeksploitasi kecepatan mentah prosesor.
kinerja Neraca
Sementara daya prosesor telah berlari ke depan dengan kecepatan sangat tinggi. Hasilnya adalah kebutuhan untuk mencari kinerja Saldo : sebuah penyesuaian dari organisasi dan arsitektur untuk mengkompensasi ketidak cocokan antara kemampuan dari berbagai komponen. ini adalah masalah yang diciptakan oleh ketidaksesuaian tersebut lebih penting dari pada di antarmuka antara prosesor dan memori utama. Pertimbangkan sejarah digambarkan dalam Gambar 2.10. Sementara kecepatan prosesor telah berkembang dengan pesat, kecepatan data yang dapat ditransfer antara memori utama dan prosesor telah tertinggal buruk. antarmuka antara prosesor dan memori utama adalah jalur yang paling penting di seluruh komputer karena ia bertanggung jawab untuk membawa aliran konstan instruksi program dan data antara chip memori dan prosesor. Jika memori atau jalur gagal untuk mengikuti dengan tuntutan mendesak prosesor, prosesor warung di menunggu negara, dan waktu proses yang berharga hilang .

Gambar 2.10 Logika dan Memori Kinerja Gap [ BORK03 ]

Ada sejumlah cara bahwa arsitek sistem dapat menyerang masalah ini, semua yang tercermin dalam desain komputer kontemporer . Pertimbangkan hal berikut contoh :
• Meningkatkan jumlah bit yang diambil pada satu waktu dengan membuat DRAM " Lebih luas " daripada " lebih dalam " dan dengan menggunakan lebar jalur data bus.
• Mengubah antarmuka DRAM untuk membuatnya lebih efisien dengan memasukkan cache atau skema penyangga lainnya pada chip DRAM.
• Mengurangi frekuensi akses memori dengan memasukkan semakin kompleks dan efisien struktur cache diantara prosesor dan memori utama. Ini termasuk penggabungan satu atau lebih cache pada chip prosesor serta pada cache off-chip dekat chip prosesor.
• Meningkatkan interkoneksi bandwidth antara prosesor dan memori dengan menggunakan tinggi kecepatan bus dan dengan menggunakan hirarki bus ke buffer dan struktur aliran data.
Bidang lain desain fokus penanganan I / O device. Ketika komputer menjadi lebih cepat dan lebih mampu, aplikasi yang lebih canggih dikembangkan yang mendukung penggunaan peripheral dengan I / O intensif tuntutan .


Cache adalah memori yang cepat relatif kecil sela antara memori yang lebih besar , lebih lambat dan logika yang mengakses memori yang lebih besar. Cache menyimpan data yang baru diakses, dan dirancang untuk mempercepat berikutnya akses ke data yang sama. Cache dibahas dalam Bab 4 . Memberikan beberapa contoh perangkat periferal yang khas digunakan pada komputer pribadi dan workstation. Perangkat ini membuat tuntutan throughput data yang luar biasa. Sementara saat ini generasi prosesor dapat menangani data dipompa keluar oleh perangkat ini, tetap ada masalah mendapatkan bahwa data bergerak antara prosesor dan perifer. strategi di sini mencakup caching dan buffering skema ditambah penggunaan tinggi kecepatan interkoneksi bus dan struktur yang lebih rumit dari bus. Selain itu, penggunaan konfigurasi multi-prosesor dapat membantu dalam memenuhi I / O tuntutan. Kunci dalam semua ini adalah keseimbangan. Desainer terus berusaha untuk menyeimbangkan dan pengolahan komponen prosesor, memori utama, I / O device, dan struktur interkoneksi. Desain ini harus selalu dipikirkan kembali untuk mengatasi dua faktor terus berkembang :
• Tingkat di mana kinerja berubah dalam berbagai bidang teknologi ( prosesor, bus, memori, peripheral ) sangat berbeda dari satu jenis unsur yang lain .
• Aplikasi baru dan perangkat periferal baru terus-menerus mengubah sifat permintaan pada sistem dalam hal profil instruksi yang khas dan data pola akses .
Dengan demikian, desain komputer adalah sebuah bentuk seni terus berkembang. Buku ini mencoba untuk menyajikan dasar-dasar yang bentuk seni tersebut, dan untuk menyajikan survei keadaan saat ini seni itu.

Perbaikan dalam Organisasi Chip dan Arsitektur
Sebagai desainer bergulat dengan tantangan kinerja prosesor balancing dengan memori utama dan komponen komputer lainnya, kebutuhan untuk meningkatkan prosesor kecepatan tetap. Ada tiga pendekatan untuk mencapai peningkatan kecepatan prosesor :
• Meningkatkan kecepatan hardware prosesor. Peningkatan ini fundamental karena menyusut ukuran gerbang logika pada chip prosesor, sehingga lebih banyak gerbang dapat dikemas bersama lebih erat dan meningkatkan clock rate. Dengan gerbang lebih dekat bersama-sama, waktu propagasi untuk sinyal berkurang secara signifikan, memungkinkan up mempercepat prosesor. Peningkatan clock rate berarti bahwa operasi individu dieksekusi lebih cepat .
• Meningkatkan ukuran dan kecepatan cache yang sela antara prosesor dan memori utama.
Secara khusus, dengan mendedikasikan sebagian dari prosesor mengelupas sendiri ke cache, waktu akses cache turun secara signifikan .
• Lakukan perubahan organisasi dan arsitektur prosesor yang meningkatkan kecepatan efektif eksekusi instruksi. Biasanya, ini melibatkan menggunakan paralelisme dalam satu bentuk atau lain .
Secara tradisional, faktor dominan dalam peningkatan kinerja telah meningkat clock speed tempo dan kepadatan logika. Gambar 2.12 menggambarkan tren ini untuk Intel chip prosesor. Namun, seperti clock speed dan meningkatkan kepadatan logika, sejumlah kendala menjadi lebih signifikan [ INTE04b ] :
• Power: Sebagai kepadatan logika dan kecepatan clock pada chip yang meningkat, begitu pula kepadatan daya ( Watt/cm2 ). Sulitnya menghamburkan panas yang dihasilkan


pada kepadatan tinggi, kecepatan tinggi chip menjadi masalah desain yang serius ( [ GIBB04 ], [ BORK03 ] ) .
• RC delay: Kecepatan di mana elektron dapat mengalir pada chip antara transistor dibatasi oleh resistansi dan kapasitansi dari kabel logam yang menghubungkan mereka; khusus, menunda kenaikan dengan meningkatnya produk RC. sebagai komponen pada penurunan chip dalam ukuran,
kawat interkoneksi menjadi lebih tipis, meningkatkan perlawanan. Juga, kabel lebih dekat bersama-sama, meningkatkan kapasitansi .
• Memori latency : kecepatan memori tertinggal kecepatan prosesor, seperti yang dibahas sebelumnya. Dengan demikian, akan ada lebih menekankan pada organisasi dan arsitektur untuk meningkatkan kinerja. Gambar 2.12 menyoroti perubahan besar yang telah dilakukan selama bertahun-tahun untuk meningkatkan paralelisme dan oleh karena itu efisiensi komputasi prosesor. Teknik ini kemudian dibahas dalam bab dari buku tersebut .
Dimulai pada akhir 1980-an, dan berlanjut selama sekitar 15 tahun, dua strategi utama telah digunakan untuk meningkatkan kinerja yang melampaui apa yang dapat dicapai hanya dengan meningkatkan clock speed. Pertama, telah terjadi peningkatan kapasitas memori. disana sekarang biasanya dua atau tiga tingkat memori antara prosesor dan memori utama. Sebagai kepadatan Chip telah meningkat, lebih dari memori cache telah dimasukkan pada chip, memungkinkan akses cache lebih cepat. Sebagai contoh, chip Pentium asli dikhususkan sekitar 10 % dari area pada - chip untuk cache. Yang paling terakhir chip Pentium 4 mencurahkan sekitar setengah dari daerah chip untuk cache .
Logika eksekusi instruksi dalam prosesor telah menjadi semakin kompleks untuk memungkinkan eksekusi paralel instruksi dalam prosesor. Dua pendekatan desain penting telah pipelining dan superscalar. pipa bekerja sebanyak jalur perakitan di pabrik pemungkin tahapan pelaksanaan instruksi yang berbeda terjadi pada waktu yang sama sepanjang pipa. Pendekatan superscalar pada dasarnya memungkinkan beberapa pipa dalam satu prosesor sehingga instruksi yang tidak tergantung pada satu sama lain dapat dieksekusi secara paralel .
Kedua pendekatan ini mencapai titik yang semakin berkurang. internal organisasi prosesor kontemporer sangat kompleks dan mampu untuk memeras banyak paralelisme keluar dari aliran instruksi. Tampaknya bahwa peningkatan yang signifikan lebih lanjut dalam arah ini akan relatif sederhana [ GIBB04 ]. Dengan tiga tingkat cache pada chip prosesor, setiap tingkat menyediakan
Kapasitas yang cukup besar, juga tampaknya bahwa manfaat dari cache yang mencapai batas.Namun, hanya mengandalkan pada peningkatan clock rate untuk peningkatan kinerja berjalan ke dalam masalah disipasi daya yang sudah disebut . Semakin cepat jam menilai, semakin besar jumlah daya yang akan hilang, dan beberapa fisika dasar batas yang tercapai.
Dengan semua kesulitan ini dalam pikiran, desainer telah berubah menjadi fundamental
pendekatan baru untuk meningkatkan kinerja; menempatkan beberapa prosesor pada yang sama
Chip, dengan shared cache besar. Penggunaan beberapa prosesor pada chip yang sama, juga disebut sebagai beberapa core, atau multicore, memberikan potensi untuk meningkatkan kinerja tanpa meningkatkan clock rate. Studi menunjukkan bahwa, di dalam prosesor, maka peningkatan kinerja kira-kira sebanding dengan akar kuadrat dari peningkatan dalam kompleksitas [ BORK03 ]. Tetapi jika perangkat lunak dapat mendukung penggunaan efektif beberapa prosesor, maka menggandakan jumlah prosesor hampir dua kali lipat kinerja. Dengan demikian, strategi adalah dengan menggunakan dua prosesor sederhana pada chip ketimbang satu lagi prosesor kompleks.
Selain itu, dengan dua prosesor, cache yang lebih besar dibenarkan. Hal ini penting karena konsumsi daya logika memori pada sebuah chip jauh lebih kecil dibandingkan dengan pengolahan logika. Dalam tahun-tahun mendatang, kita dapat berharap bahwa chip prosesor yang paling baru akan memiliki beberapa prosesor.

2.3 Evolusi Dari Intel X86 Arsitektur
Sepanjang buku ini, kita bergantung pada banyak contoh konkret desain komputer dan mampu mengimplementasikan untuk menggambarkan konsep dan untuk menerangi trade-off. Sebagian besar waktu, buku bergantung pada contoh-contoh dari dua keluarga komputer: x86 Intel dan Arsitektur ARM. Sesaji x86 saat ini merupakan hasil dari puluhan tahun usaha desain di set komputer instruksi kompleks (CISCs). X86 menggabungkan prinsip-prinsip desain yang canggih sekali hanya ditemukan pada mainframe dan superkomputer dan berfungsi sebagai contoh yang sangat baik dari desain CISC. Sebuah pendekatan alternatif desain prosesor dalam mengurangi set instruksi komputer (RISC). Arsitektur ARM digunakan dalam berbagai macam sistem embedded dan merupakan salah satu yang paling kuasa dan desain terbaik sistem berbasis RISC di pasar.
Dalam bagian ini dan berikutnya, kami memberikan gambaran singkat dari kedua sistem. Dalam hal pangsa pasar, Intel telah peringkat sebagai salah satu pembuat jumlah mikro prosesor untuk sistem non-tertanam selama puluhan tahun, posisi tampaknya tidak mungkin untuk menghasilkan. Evolusi produk mikroprosesor andalannya berfungsi sebagai indikator yang baik evolusi teknologi komputer pada umumnya.
Tabel 2.6 menunjukkan bahwa evolusi. Menariknya, sebagai mikroprosesor telah tumbuh
lebih cepat dan jauh lebih kompleks, Intel telah benar-benar mengambil langkah. Intel digunakan untuk mengembangkan mikroprosesor satu demi satu, setiap empat tahun. Tapi Intel berharap untuk tetap saingan di teluk dengan memotong satu atau dua tahun off ini waktu pengembangan, dan telah melakukannya dengan generasi x86 terbaru. Hal ini berguna untuk daftar beberapa highlights dari evolusi dari produk Intel baris:
• 8080 : pertama di dunia untuk tujuan umum mikroprosesor. Ini adalah sebuah mesin 8-bit,
dengan jalur data 8 - bit ke memori. The 8080 digunakan dalam pribadi pertama komputer, Altair .
• 8086 : jauh lebih kuat, mesin 16 - bit . Selain jalur data yang lebih luas dan register yang lebih besar, 8086 memakai cache instruksi, atau antrian, yang prefetches beberapa instruksi sebelum mereka dieksekusi. Varian ini prosesor, 8088, digunakan dalam komputer pribadi pertama IBM, mengamankan keberhasilan Intel . 8086 adalah penampilan pertama dari arsitektur x86 .
• 80286 : Ini perpanjangan dari 8086 memungkinkan pengalamatan memori 16 MByte – bukan hanya 1 MByte .
• 80386 : mesin 32 - bit pertama Intel, dan perbaikan besar-besaran produk. Dengan Arsitektur 32 - bit, 80386 disaingi kompleksitas dan kekuatan minicomputer dan mainframe diperkenalkan hanya beberapa tahun sebelumnya. Ini adalah pertama Prosesor Intel untuk mendukung multitasking , yang berarti dapat menjalankan beberapa program pada waktu yang sama .
• 80486 : The 80486 memperkenalkan penggunaan yang jauh lebih canggih dan kuat teknologi cache dan instruksi canggih. 80486 juga ditawarkan math coprocessor built-in, offloading operasi matematika yang kompleks dari CPU utama .
• Pentium : Dengan Pentium, Intel memperkenalkan penggunaan teknik superscalar, yang memungkinkan beberapa instruksi untuk mengeksekusi secara paralel .
• Pentium Pro : Pentium Pro terus bergerak dalam organisasi superscalar dimulai dengan Pentium, dengan penggunaan agresif pengubahan nama, cabang prediksi, analisis aliran data, dan eksekusi spekulatif .
• Pentium II : The Pentium II dimasukkan Intel MMX teknologi, yang dirancang khusus untuk mengolah video, audio, dan data grafik secara efisien .
• Pentium III : Pentium III menggabungkan tambahan instruksi floating-point untuk mendukung perangkat lunak grafis 3D .
• Pentium 4: Pentium 4 meliputi tambahan floating-point dan perangkat lainnya untuk multimedia.

• Core : Ini adalah pertama Intel x86 mikroprosesor dengan dual core, mengacu pada pelaksanaan dua prosesor pada satu chip .
• Core 2 : Core 2 meluas arsitektur untuk 64 bit. Core 2 Quad menyediakan empat prosesor pada satu chip .
Lebih dari 30 tahun setelah diperkenalkan pada tahun 1978, arsitektur x86 terus mendominasi pasar prosesor luar embedded system . Meski organisasi dan teknologi dari mesin x86 telah berubah secara dramatis selama dekade, set instruksi arsitektur telah berkembang untuk tetap kompatibel dengan sebelumnya versi. Dengan demikian, setiap program yang ditulis pada versi lama dari arsitektur x86 dapat mengeksekusi pada versi yang lebih baru. Semua perubahan ke set instruksi arsitektur telah terlibat penambahan set instruksi, tanpa pengurangan laju perubahan. Selain itu kira-kira satu instruksi per bulan ditambahkan ke arsitektur atas 30 tahun [ANTH08], sehingga sekarang ada lebih dari 500 petunjuk di set instruksi.
X86 memberikan ilustrasi yang baik dari kemajuan perangkat keras komputer selama 30 tahun terakhir. The 1978 8086 diperkenalkan dengan clock speed 5 MHz dan memiliki 29.000 transistor. Sebuah quad-core Intel Core 2 diperkenalkan pada tahun 2008 beroperasi pada 3 GHz, percepatan dari faktor 600, dan memiliki 820 juta transistor, sekitar 28.000 kali sebanyak 8086. Namun Core 2 hanya dalam paket sedikit lebih besar dari 8086 dan memiliki biaya yang sebanding.

2.4 sistem tertanam dan arm the
Arsitektur ARM mengacu pada arsitektur prosesor yang telah berkembang dari Prinsip-prinsip desain RISC dan digunakan dalam embedded system. Bab 13 membahas Prinsip-prinsip desain RISC secara rinci. Pada bagian ini, kami memberikan gambaran singkat mengenai konsep sistem tertanam,
dan kemudian melihat evolusi ARM .
Sistem tertanam
Sistem tertanam merujuk pada penggunaan elektronik dan perangkat lunak dalam produk, sebagai lawan ke komputer tujuan umum, seperti sistem laptop atau desktop.
Berikut ini adalah definisi umum yang baik :
Tertanam sistem; Kombinasi hardware dan software komputer, dan mungkin bagian mekanis atau lain-lain, yang dirancang untuk melakukan fungsi khusus. Di banyak kasus, embedded system adalah bagian dari sistem yang lebih besar atau produk, seperti dalam kasus sistem pengereman anti penguncian dalam mobil.

Dengan Pentium 4 , Intel beralih dari angka Romawi untuk angka Arab untuk nomor Model .
Michael Barr , Sistem Tertanam Daftar Istilah . Perpustakaan Teknis Netrino . http://www.netrino.com/Publications/
Glossary / index.php


Embedded sistem jauh melebihi sistem komputer tujuan umum, meliputi berbagai aplikasi (Tabel 2,7 ). Sistem ini telah sangat beragam persyaratan dan kendala, seperti [ GRIM05 ] berikut :
• kecil untuk sistem yang besar, menyiratkan kendala biaya yang sangat berbeda, sehingga berbeda
kebutuhan untuk optimasi dan penggunaan kembali
• Santai dengan persyaratan yang sangat ketat dan kombinasi persyaratan kualitas yang berbeda,
misalnya , sehubungan dengan keamanan, keandalan, real-time, fleksibilitas, dan perundang-undangan
• Pendekatan untuk panjang kali hidup
• Kondisi berbeda lingkungan dalam hal, misalnya, radiasi, generasi, dan kelembaban.
• karakteristik aplikasi yang berbeda-beda sehingga beban statis vs dinamis, memperlambat kecepatan cepat, menghitung terhadap tugas antarmuka intensif, dan kombinasi daripadanya.
• Berbagai model perhitungan mulai dari sistem kejadian diskrit bagi mereka melibatkan dinamika waktu kontinu ( biasanya disebut sebagai sistem hibrida )
Seringkali, embedded system yang erat dengan lingkungan mereka. Hal ini dapat menimbulkan kendala real-time yang dikenakan oleh kebutuhan untuk berinteraksi dengan lingkungan. Kendala, seperti kecepatan gerak yang diperlukan, dibutuhkan ketelitian pengukuran, dan waktu yang diperlukan jangka waktu, menentukan waktu operasi perangkat lunak.

Jika beberapa kegiatan harus dikelola secara bersamaan, ini memaksakan lebih kompleks real-time kendala .
Gambar 2.13, berdasarkan [ KOOP96 ], menunjukkan secara umum sistem embedded organisasi. Selain prosesor dan memori, ada sejumlah elemen yang berbeda dari desktop biasa atau komputer laptop :
• Mungkin ada berbagai antarmuka yang memungkinkan sistem untuk mengukur, memanipulasi, dan sebaliknya berinteraksi dengan lingkungan eksternal .
• Antarmuka manusia mungkin sesederhana lampu berkedip atau serumit real-time visi robot .
• Port diagnostik dapat digunakan untuk mendiagnosa sistem yang sedang dikendalikan - bukan hanya untuk mendiagnosis komputer .
• Tujuan khusus bidang diprogram ( FPGA ) , aplikasi khusus ( ASIC ) , atau bahkan hardware nondigital dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja atau keamanan .
• perangkat lunak sering memiliki fungsi tetap dan khusus untuk aplikasi.

ARM Evolusi
ARM adalah keluarga mikroprosesor berbasis RISC dan mikrokontroler yang dirancang oleh ARM Inc, Cambridge, Inggris. Perusahaan tidak membuat prosesor melainkan desain mikroprosesor dan multicore arsitektur dan lisensi mereka untuk produsen. Chip ARM prosesor berkecepatan tinggi yang dikenal untuk ukuran kecil mereka mati dan kebutuhan daya yang rendah. Mereka banyak digunakan dalam PDA dan perangkat genggam lainnya, termasuk game dan telepon, serta berbagai macam produk konsumen . Chip ARM adalah prosesor di iPod populer Apple dan perangkat iPhone. ARM mungkin yang paling banyak digunakan arsitektur prosesor tertanam dan memang arsitektur prosesor yang paling banyak digunakan dari apapun di dunia .
Desain ARM cocok kebutuhan komersial yang berkembang untuk kinerja tinggi,  rendah konsumsi daya, ukuran kecil dan murah prosesor untuk aplikasi embedded.  Namun perkembangan selanjutnya berada di luar lingkup kemampuan Acorns.  Oleh karena itu, sebuah perusahaan baru diselenggarakan, dengan Acorn, VLSI, dan Apple Computer  sebagai mitra pendiri,  dikenal sebagai ARM Ltd Acorn RISC Machine menjadi Advanced RISC Machine. Menawarkan pertama perusahaan baru, perbaikan pada ARM3 tersebut, ditetapkan ARM6. Selanjutnya, perusahaan telah memperkenalkan jumlah keluarga yang baru, dengan meningkatkan fungsionalitas dan kinerja. Tabel 2.8

menunjukkan beberapa karakteristik dari berbagai keluarga arsitektur ARM. Angka-angka  dalam tabel ini hanya panduan perkiraan, nilai yang sebenarnya sangat bervariasi untuk implementasi yang berbeda.  Menurut situs Web ARM arm.com, prosesor ARM yang dirancang untuk  memenuhi kebutuhan tiga kategori sistem:
• Embedded system real-time: Sistem untuk penyimpanan, tubuh otomotif dan power-train, industri, dan jaringan aplikasi
• Aplikasi platform: Perangkat yang menjalankan sistem operasi terbuka, termasuk Linux, Palm OS, Symbian OS, dan Windows CE di nirkabel, konsumen hiburan dan aplikasi digital imaging
• Aplikasi Aman: kartu Smart, kartu SIM, dan terminal pembayaran

0 komentar

Post a Comment