Visitor

Saturday, December 14, 2013

PCI (Peripheral Component Interconnect)

Download Versi Lengkap via 4shared.com :
Doc --> [DOWNLOAD]

PCI
*      PCI (Peripheral Component Interconnect) merupakan bus didesain untuk menangani beberapa perangkat keras dan tidak tergantung pada prosesor dan berbandwidth tinggi.
*      PCI memberikan sistem yang lebih baik bagi subsistem I/O berkecepatan tinggi (misalnya, graphic display adapter, network interface controller, disk controller, dll).
*      Standard yang berlaku saat ini mengizinkan penggunaan sampai 64 saluran data pada kecepatan 33 Mhz, bagi kelajuan transfer 264 Mbyte/detik, atau 2,112 Gbps.
*      Intel mulai menerapkan PCI pada tahun 1990 untuk sistem berbasis Pentiumnya. Hasilnya PCI secara luas diterima dan penggunaannya pada komputer pribadi, workstation, dan sistem server terus meningkat.


Struktur Bus
*       PCI dapat dikonfigurasikan sebagai bus 32-bit atau 64-bit
*       Beberapa saluran signal yang diharuskan bagi PCI, dapat dikelompokan sbb:
o    System pins: Meliputi pin waktu dan reset.
o    Address and Data Pins: Meliputi 32 saluran yang time-multiplexed bagi alamat dan data. Saluran lainnya di dalam kelompok ini digunakan untuk menginterpretasikan dan memvali-dasi saluran-saluran signal yang membawa alamat dan data.
o    Interface Control Pins: Mengontrol timing transaksi dan mengkoordi-nasikan antara inisiator dan target.
o    Arbitration Pins: tidak seperti saluran signal PCI lainnya, pin-pin ini bukan saluran yang dipakai bersama-sama. Melainkan, masing-masing master PCI memiliki pasangan saluran arbitrasinya sendiri yang menghubungkannya secara langsung dengan arbitrer bus PCI.
o    Error Reporting Pins: Digunakan untuk melaporkan error parity dan error-error lainnya.
*       Selain itu, spesifikasi PCI mendefinisi-kan 50 saluran signal yang dibagi menjadi kelompok-kelompok fungsional sbb:
o    Interrupt Pins: Saluran signal ini disediakan bagi perangkat-perangkat PCI yang harus menghasilkan request untuk layanan
o    Cache Support Pins: Pin-pin ini diperlukan untuk mendukung memori pada PCI yang dapat di-cache-kan di dalam prosesor atau perangkat lainnya. Pin-pin ini mendukung protokol-protokol snoopy cache.
o    64-bit Bus Extension Pins: Meliputi 32 saluran yang merupakan timemultiplexed bagi alamat dan data dan dikombinasikan dengan saluran alamat/data untuk membentuk bus alamat /data 64-bit
o    JTAG/Boundary Scan Pins: Saluran-saluran signal ini mendukung pengujian prosedur-prosedur yang ditentukan dalam standard 149.1 IEEE.

Command pada PCI
*       Transaksi antara initiator (master) dg target
*       Master pegang kendali bus
*       Master menentukan jenis transaksi
o    Misal I/O read/write
*       Fase Address
*       Fase Data


PCI Read Timing Diagram

PCI Bus Arbitration

0 komentar

Post a Comment