Versi LENGKAP (Ada Gambarx) --> [DOWNLOAD] via 4Shared.com
LATIHAN
Latihan 1
a. Tulis
Source Code Bus.java berikut :
public
class Bus{
public int
penumpang;
public int
maxPenumpang;
public void
cetak(){
System.out.println("Penumpang
Bus sekarang adalah "+penumpang);
System.out.println("Penumpang
maksimum seharusnya adalah "+maxPenumpang);
}
}
b. Tulis
Source Code UjiBus.java berikut :
public
class UjiBus extends Bus{
public
static void main (String [] args){
//membuat objek bus mini dari kelas bus
Bus busMini
= new Bus();
//memasukkan nilai jumlah penumpang dan penumpang maksimal ke
//dalam objek busMini
busMini.penumpang
= 5;
busMini.maxPenumpang
= 15;
//memanggil method cetak pada kelas bus
busMini.cetak();
//menambahkan penumpang pada busMini
busMini.penumpang
= busMini.penumpang + 5;
//memanggil method cetak pada kelas bus
busMini.cetak();
//mengurangi jumlah penumpang pada busMini
busMini.penumpang
= busMini.penumpang - 2;
busMini.cetak();
//menambahkan jumlah penumpang pada busMini
busMini.penumpang
= busMini.penumpang + 8;
busMini.cetak();
}
}
c. Output :
d. Mengapa
bisa demikian?
Karena penumpang
melebihi penumpang maksimum
Latihan 2
a.
Source Code Bis
public class Bis{
private int penumpang;
private int maxPenumpang;
//konstruktor kelas Bis
public Bis(int maxPenumpang){
this.maxPenumpang = maxPenumpang;
penumpang = 0;
}
//method mutator untuk menambahkan
penumpang
public void addPenumpang (int penumpang){
int temp;
temp = this.penumpang + penumpang;
if (temp >= maxPenumpang){
System.out.println("Penumpang melebihi
kuota");
}
else{
this.penumpang = temp;
}
}
public void cetak (){
System.out.println ("Penumpang bus sekarang
adalah "+penumpang);
System.out.println ("Penumpang maksimum
seharusnya adalah "+maxPenumpang);
}
}
b.
Output
c.
Terjadi kesalahan karena
class UjiBus.java tidak bisa menemukan constructor
d. Mengubah
class UjiBus
public class UjiBus{
public static void main (String [] arg){
//membuat objek busBesar dari class Bis
Bus busBesar = new Bus(40);
busBesar.cetak();
//penambahan penumpang
busBesar.addPenumpang(15); //menambahkan
15 penumpang
busBesar.cetak();
//penambahan penumpang
busBesar.addPenumpang(5); //menambahkan
5 penumpang
busBesar.cetak();
//penambahan penumpang
busBesar.addPenumpang(26); //menambahkan
26 penumpang
busBesar.cetak();
}
}
e. Output
f. Kelebihan kuota menyebabkan penumpang tidak terhitung
Latihan 3
a. Tambahkan
method getPenumpang pada class Mobil. Tambahkan aturan untuk mengakses data
penumpang baru ke dalam method getPenumpang. Aturan yang ditambakan memuat kode
akses (password). Jika password benar, maka data penumpang yang baru
ditambahkan dan ditampilkan, jika password salah, maka da peringatan bahwa
password salah.
import java.io.*;
public class Prak {
private int penumpang;
private int maxPenumpang;
private int password;
public static String bacainputan() {
String baca= " ";
InputStreamReader input = new InputStreamReader (System.in);
BufferedReader buf = new BufferedReader (input);
try { baca = buf.readLine();}
catch ( IOException e ) { System.out.println("Error!");
}
return baca;
}
//konstruktor kelas Bus
public Prak(int maxPenumpang) {
this.maxPenumpang = maxPenumpang;
penumpang = 0;
}
public void cetak() {
System.out.println("Penumpang Bus Sekarang adalah
"+penumpang);
System.out.println("Penumpang maksimum "+maxPenumpang);
}
public void getPenumpang(int a){
System.out.println("Enter Password");
password=Integer.parseInt(bacainputan());
if (password==546) {
System.out.println("Datanya adalah : ");
addPenumpang(a);
cetak();
}
else { System.out.println("Password salah "); }
}
public void addPenumpang (int penumpang) {
int temp;
temp = this.penumpang+penumpang;
if (temp >= maxPenumpang) {
System.out.println("Penumpang Melebihi kuota"); }
else { this.penumpang = temp ; }
}
}
b. Buat class
UjiBus untuk menguji method getBeban tersebut.
public class UjiPrak {
public static void main(String[]args){
//membuat objek busBesar dari
class Bus
Prak busBesar = new Prak(40);
busBesar.getPenumpang(15);
busBesar.getPenumpang(5);
busBesar.getPenumpang(26);
}
}
c. Output
A. TUGAS PRAKTIKUM
Class Prak
import java.io.*;
public class Prak {
private
int penumpang;
private
int maxPenumpang;
private
int password;
public
static String bacainputan() {
String
baca= " ";
InputStreamReader
input = new InputStreamReader (System.in);
BufferedReader
buf = new BufferedReader (input);
try
{ baca = buf.readLine();}
catch
( IOException e ) { System.out.println("Error!"); }
return
baca;
}
//konstruktor
kelas Bus
public
Prak(int maxPenumpang) {
this.maxPenumpang
= maxPenumpang;
penumpang
= 0;
}
public
void getAverage(){
float
x = penumpang/4;
System.out.println("Rata-ratanya
adalah : "+x);
}
public
void cetak() {
System.out.println("Penumpang
Bus Sekarang adalah "+penumpang);
System.out.println("Penumpang
maksimum "+maxPenumpang);
}
public
void getPenumpang(int a){
System.out.println("Enter
Password");
password=Integer.parseInt(bacainputan());
if
(password==546) {
System.out.println("Datanya
adalah : ");
addPenumpang(a);
cetak();
}
else
{ System.out.println("Password salah "); }
}
public
void addPenumpang (int penumpang) {
int
temp;
temp
= this.penumpang+penumpang;
if
(temp >= maxPenumpang) { System.out.println("Penumpang Melebihi
kuota"); }
else
{ this.penumpang = temp ; }
}
}
Class
UjiPrak
public class UjiPrak {
public static void
main(String[]args){
membuat objek busBesar
dari class Bus
Prak busBesar = new
Prak(40);
busBesar.getPenumpang(15);
busBesar.getPenumpang(5);
busBesar.getPenumpang(26);
busBesar.getAverage();
}
}
Output :
B. TUGAS RUMAH
1. Buat class Bola
Class Bola
import java.lang.Math;
class Bola {
private double jarijari = 14;
private double diameter;
private double luas;
private double volume;
public void setJari(double jarijari){
this.jarijari=jarijari;
}
public void showDiameter(){
this.diameter=2*jarijari;
}
public void showLuas(){
this.luas=4*Math.PI*jarijari*jarijari;
}
public void showVolume(){
this.volume=(4*Math.PI*jarijari*jarijari*jarijari)/3;
}
public void cetak(){
System.out.println("Jari-jari :
"+jarijari+ " cm ");
System.out.println("______________________________ ");
System.out.println("Diameter :
"+diameter+ " cm ");
System.out.println("Luas :
"+luas+" cm kuadrat");
System.out.println("Volume :
"+volume+" cm kubik");
}
}
Class UjiBola
public class UjiBola{
public static void main (String [] args){
Bola ball= new Bola();
ball.setJari(14);
ball.showDiameter();
ball.showLuas();
ball.showVolume();
ball.cetak();
}
}
2. Bua program sendri bertema percetakan
Class Cetak
class Cetak
{
private String nama ;
private int harga ;
private int jumlah ;
private int total ;
private int bayar ;
private int kembali ;
//enkapsulasi
public void setnama(String nama)
{
this.nama = nama;
}
public String getnama()
{
return this.nama;
}
public void setharga(int harga)
{
this.harga = harga;
}
public int getharga()
{
return
this.harga;
}
public void setjumlah(int jumlah)
{
this.jumlah = jumlah;
}
public int getjumlah()
{
return this.jumlah;
}
public void gettotal(int total)
{
this.total = total;
}
public int gettotal()
{
return this.total;
}
public void setbayar(int bayar)
{
this.bayar = bayar;
}
public int getbayar()
{
return this.bayar;
}
public void setkembali(int kembali)
{
this.kembali = kembali;
}
public int getkembali()
{
return this.kembali;
}
//method panggil
public void tampil()
{
System.out.println(" Nama pelanggan : "+getnama());
System.out.println(" Harga satuan : "+getharga()+" rupiah");
System.out.println(" Banyak lembar : "+getjumlah()+" lembar");
System.out.println(" Total : "+(gettotal()+ " rupiah"));
System.out.println(" Uang pembayaran :
"+getbayar()+" rupiah");
System.out.println("------------------------------------------");
System.out.println(" Uang kembali : "+(getkembali()+"
rupiah"));
System.out.println("============================================");
}
}
Class UjiCetak
import java.util.Scanner;
public class UjiCetak
{
private
static Scanner input = new
Scanner(System.in);
public
static void main(String[] sandy)
{
String
nama;
int
harga,jumlah,total,bayar;
Cetak
cetak = new Cetak();
System.out.println("===========================================");
System.out.println("=
PROGRAM PERCETAKAN DENGAN ENCAPSULATION =");
System.out.println("===========================================");
System.out.print("
Masukkan nama pelanggan : ");
nama =
input.nextLine();
cetak.setnama(nama);
System.out.print(" Masukkan harga satuan : ");
harga =
input.nextInt();
cetak.setharga(harga);
System.out.print("
Masukkan jumlah lembar : ");
jumlah =
input.nextInt();
cetak.setjumlah(jumlah);
//"total
yang harus dibayar "
cetak.settotal(harga*jumlah);
System.out.print("
Uang bayar : ");
bayar =
input.nextInt();
cetak.setbayar(bayar);
cetak.setkembali(bayar-(harga*jumlah));
cetak.tampil();
}
}
Output :
C. Kesimpulan
Tujuan
encapsulation adalah untuk menyembunyikan atau memproteksi suatu proses dari kemungkinan
interfensi atau penyalahgunaan dari luar system dan sekaligus menyederhanakan
system itu sendiri.
0 komentar
Post a Comment