a.
Class
Class adalah wahah yang berisi
absraksi (permodelan) dari suatu fungsi obkek (benda), yang mendeskripsikan
data (sifat karakter) dan fungsi yang dimiliki oleh objek tersebut. Karena
kelas merupakan wadah yang akan digunakan dahulu sebelum membuat objek.
Dalam
pendefinisian class, umumnya dituliskan sebagai berikut :
<modifier>
class <name> {
<attributeDeclaration>*
<constructorDeclaration>*
<methodDeclaration>*
b. Objek
Object adalah sekumpulan software yang
terdiri dari variable dan method-method terkait. Object salaing berinteraksi
dengan saling memanggil metode dari satu object ke object lainnya, disebut
message. Dengan kata lain, object merupakan instance sebenarnya dari sebuah
class. Instance dibuat sewaktu kita melakukan inisialisasi class dengan
menggunakan kata kunci new.
Dalam
bahasa pemrograman Java, object dapat ditulis dengan sintaks sebagai berikut :
nama_class
nama_instance = new nama_class();
c. Attribute
Dalam pendeklarasian atribut, dapat
dituliskan :
<modifier>
<type> <nama> [ = <default_value>];
d. Scoope Variable
Variable Scoope )cakupan variable)
menentukan seberapa luas variable dapat diakses. Ruangan lingkup atau suatu
variable merupakan penetapan lokasi dimana variable tersebut dideklarasikan dan
dapat berlaku. Lingkup variable terbagi dua, yaitu lingkup Global dan Local.
e. Overloading Methods
Dalam lass yang kita buat, kadangkala
kita menginginkan untuk membuat method dengan nama yang sama, namun mempunyai
fungsi yang berbeda menurut parameter yang digunakan. Kemampuan ini
dimungkinkan dalam pemrograman Java, dan dikenal sebagai overloading method
f. Input / Output
Berikut
ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan input :
1. Tambahkan di bagian paling atas code anda :
Import
java.io. *;
2. Tambahkan statemen berikut pada method main :
BufferReader
dataIn = new BufferedReader (new
InputStreamReader(System.in));
3. Deklarasikan variable String temporary dan gunakan
fungsi readLine() untuk mendapatkan input serta ketikkan pada blog try-catch.
try{
String temp = dataIn.readLine();
} catch (IOException e) {
System.out.println (“Terjadi kesalahan saat
anda melakukan input “)
}
Berikut
ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan input dari
console dengan Scanner :
a) Menambahkan
Inport
java.util.Scanner;
b) Membuat objek dari class Scanner
Scanner
input = new Scanner (System.in);
c) Memasukkan nilai dari masing-masing variable dengan
menggunakan objek dari Scanner
System.out.print(“Memasukkan
nama : “);
String nama
= input.nextLine();
System.out.println
(nama);
0 komentar
Post a Comment